Penggunaan Data Mining

Perusahaan yang berpusat pada pelanggan seperti bidang ritel, keuangan, komunikasi, dan pemasaran merupakan pengguna utama dari proses dan tool dari data mining. Dengan data mining, perusahaan tersebut dapat mengidentifikasi hubungan antara harga, produk, indikator ekonomi, demografi pelanggan, dan banyak lagi. Data mining memungkinkan sebuah perusahaan untuk menentukan dampak pada penjualan, kepuasan pelanggan dan keuntungan perusahaan.

Data mining merupakan kunci untuk mendapatkan keunggulan yang kompetitif.Seperti yang dikatakan Neil Patel, VP dari KISSmetrics, data mining dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, membuka ruang keuntungan yang selama ini tersembunyi, dan mengurangi churn pelanggan. Patel juga menggaris bawahi sepuluh cara paling umum yang digunakan untuk data mining:

  1. Basket analysis
  2. Sales forecasting
  3. Database marketing
  4. Merchandise planning
  5. Card marketing
  6. Call detail record analysis
  7. Customer loyalty
  8. Market segmentation
  9. Product production
  10. Warranties

Patel mengingatkan bahwa mengumpulkan lebih banyak data pelanggan berarti menghasilkan lebih banyak nilai kepada pelanggan dengan mengetahui lebih banyak tentang mereka.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *