Keuntungan Menggunakan Data Mining

Proses data mining termasuk didalamnya pelaporan dan analisis. Marketing perlu menggunakan pelaporan dan analisis sebagai dua bagian terpisah dari keseluruhan proses data mining, sehingga mereka mampu membuat keputusan berdasarkan data yang bersumber dari data yang diperoleh dari pelaporan dan analisis.

Jika perusahaan melakukan proses data mining dengan benar, mereka akan mendapatkan visibilitas lebih besar terhadap perilaku pelanggan melalui profil pelanggan yang lebih komprehensif pada tingkat individu. Solusi data mining memungkinkan perusahaan untuk belajar dari setiap interaksi pelanggan, mendapatkan perilaku dan informasi kontekstual lebih cepat, dan membuat keputusan yang lebih efektif.

Langkah paling penting yang dapat diambil oleh perusahaan dalam data mining adalah memanfaatkan peluang yang diperoleh dari laporan dan analisanya. Manfaat yang dapat diperoleh jika perusahaan dapat mengumpulkan data dan memanfaatkan data mining dengan benar:

  1. Lebih banyak uang – Pelajari jenis produk apa yang telah dibeli pelanggan dan manfaatkan informasi tersebut untuk mempelajari pengalaman, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan nilai pelanggan.
  2. Tingkatkan branding dan pemasaran – Dapatkan data dan gunakan data mining untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak dengan branding dan pemasaran.
  3. Merampingkan jangkauan – Menjadikan semua jangkauan Anda lebih tepat waktu dan relevan dengan data mining.
  4. Masuki pasar baru – Gunakan basis data lain untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang potensial.
  5. Belajar dari masa lalu – Bandingkan data saat ini dengan data sebelumnya untuk menemukan tren yang perlu dibuat ketika membuat keputusan bisnis.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *